Kamis, 22 Maret 2012

Membuat lampu hias kamar tidur

Bahan: lampu 5 watt (maks bohlam 25 watt, kalo terlalu besar daya’nya, penutup lampu bias meleleh), kabel secukupnya, kawat secukupnya, plastic mika, kain beludru, lem atau alat menjahit , dudukan lampu
  1. kerangka lampu di buat dengan kawat besar yang di bentuk berdasarkan pola tertentu yang kamu inginkan seperti bentuk capung, matahari, mobil, kubus, dan berbagai bentuk yang menarik buat kamu,dan bentuk kawat di bagian yang diinginkan untuk dibuat dudukan lampu (beli di toko jualan lampu), dan kawat di las agar kuat, dan tidak mudah copot.
  1. kerangka lampu di beri pelapis plastik mika,sebelum beludru di tempelkan untuk menjadi kap lampunya . (di sarankan memakai mika agar ga gampang robek dan tahan panas dari sinar lampu) . liat no :3 terlebih dahulu.
  1. kerangka itu lalu di beri penutup dari bahan beludru/sejenisnya (di sarankan memakai bahan beludru karna dapat mengeluarkan warna-warna yang cerah bila terkena sinar lampu, tanpa menyilaukan mata) sebagai kap lampunya, dan sebelum di jahit or ditempelkan pake lem . sisakan lubang untuk kabel lampu di dekat bagian kawat yang telah di bentuk untuk dudukan lampunya,dan pasang lampu di tempat yang sudah di rencanakan.
  1. kain beludru kemudian di tempelkan menggunakan lem pada mika atau di jahit pada kerangka kawat
ket : untuk membentuk ukiran pada bentuk kawat pada kap lampu yang diinginkan terlihat menarik, lukislah di atas kain beludru’nya . sesuai selera kamu .
untuk membuat dudukan lampu, mintalah tukang di toko lampu untuk memasangnya.
Dan untuk agar kawat lebih kuat dan ga gampang copot, mintalah tukang las untuk mengelasnya.
Sumber : buku “rahasia berwirausaha”
dan kamu juga bisa membuat lampu pajangan ruang tamu kamu dari bamboo :
Bahan: Bamboo, lampu hemat energi 5 watt warna kuning, kabel secukupnya, cat atau pelitur, cat poxy clear, semen dan amplas.
Cara membuatnya :
1. Pilihlah bambu yang sudah kering, yang cukup besar dengan diameter sekitar 10 cm. Potong bambu dengan panjang 1,5 m atau sesuai kebutuhan.
2. Amplas dan cat kesuluruhan bambu dengan warna coklat atau pelitur. Tunggu sampai kering.
3. Pilih salah satu ruas yang akan menjadi dudukan lampu. Bagian atas dari ruas itu digergaji sebagian (lihat foto). Jangan lupa ada bagian dari ruas itu yang tetap utuh untuk dudukan lampu.
4. Amplas bagian yang sudah terbuka agar serbuk bambu hilang.
5. Lubangi bagian tengah bambu untuk kabel.
6. Untuk membuat dudukan lampu gunakan semen. Anda dapat memafaatkan ember kecil atau bekas cat untuk cetakan. Ketinggian dudukan antara 7 s.d. 10 cm.
7. Cat kembali seluruh bambu, dudukannya, termasuk bagian dalam ruas yang sudah terbuka. Gunakan cat poxy clear untuk membuat warna coklat dan ruas terbuka itu mengkilap.
8. Pasang lampu dan letakkan lampu di tempat yang sudah direncanakan.
9. Bila Anda ingin meletakkan lampu di ruang terbuka., tutuplah bagian lampu yang terbuka dengan akrilik atau kaca.
Usaha itu ga harus punya uang banyak dulu, Kalo punya kemauan untuk membuat hal yang terkecil dulu, pasti bisa buatnya loh tentunya untuk usaha kamu sendiri.

more creative ;
Membuat Kap lampu cantiiiikk sendirii...

 Dengan memanfaatkan barang- barang bekas yang ada di sekitar kita,dapat kita buat menjadi kap lampu cantik bernuansa etnik.
Sebelum mulai membuat persiapkan dulu alat dan bahannya.

Alat dan bahan:

-pisau cutter
-lem(lem pralon/lem tembak)
-botol air mineral(yang ukurannya sama)
-sisa potongan kain batik(kain perca)
-kabel
-fiting
-lampu



Cara membuatnya:

1.Ambil dua buah botol air mineral kosong,bersihkan botol air mineral,sekalian buang bungkus mereknya.

2.Potong bagian atas dan bagian bawah botol tersebut,kedua-duanya.

3.Setelah terpotong,ambil bagian tengah dari kedua buah botol tersebut dan rapikan potongannya.

4.Rekatkan keduanya dengan lem sampai benar-benar kuat.

5.Setelah terekat kuat,olesi permukaan luar botol dengan lem,ambil kain batik (perca) lalu tempelkan ke seluruh permukaan luar botol,biarkan sebentar sampai lem benar- benar kering.

6.Tutup bagian atasnya dengan sisa potongan kain batik,lalu rapikan.

7.Setelah kap selesai,sekarang tinggal memasang lampu beserta dudukannya.
Caranya:

>>Ambil fiting, pasangkan kabelnya,lalu pasangkan pada dudukannya,kencangkan dengan baut.

>>.Ambil lampu bohlam,sekrupkan pada fiting lalu tutup dengan kap yang telah dibuat tadi,kencangkan dengan sekrup kecil.

8.selesai deh.


Sekarang anda dapat mengkreasikannya sesuai imajinasi anda.


Lampu ini cocok di letakkan di atas meja,di tempel di dinding,atau ditempel di pilar kayu bernuansa etnik,dengan sedikit penyesuaian tentunya.


cukup sekian dari saya,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar